Bawaslu Kubu Raya bekerjasama dengan Netfid Indonesia gelar Webinar bertajuk Penguatan SDM Awasi Pemilu Kawal Demokrasi

Webinar Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Awasi Pemilu Kawal Demokrasi

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kubu Raya sekali lagi menyelenggarakan Webinar dengan tajuk “Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Awasi Pemilu Kawal Demokrasi” bekerjasama dengan Network for Indonesia Democratic Society (Netfid), Senin(12/7/2021).

Webinar ini menghadirkan Narasumber Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat, Syf. Aryana Kaswamayana dan Ketua Netfid Indonesia, Dahliah Umar.

Webinar bertujuan untuk meningkatkan penguatan SDM kerja pengawasan oleh penyelenggara pemilu dalan menghadapi pelaksanaan pemilu 2024.

Syf. Aryana dalam pemaparanya menjelaskan beberapa tantangan pemilu mendatang berkaca dari pemilu sebelumnya. Diantaranya adalah masih adanya pandemi Covid-19 saat pelaksanaan Pemilu nanti.

“Kita tidak tau covid-19 ini sampai kapan, tentu ini menjadi tantangan kedepan” ujar perempuan yang akrab dipanggil yana tersebut.

Yana juga menjelaskan Strategi internal dan eksternal dalam mempersiapkan pengawasan pemilu 2024, yaitu melalui Penguatan kompetensi kepemiluan terhadap jajaran pengawas pemilu dan Mensosialisasikan perkembangan teknologi yang dimiliki oleh Bawaslu sebagai upaya memudahkan masyarakat dalam melakukan pelaporan secara partisipatif.

Sementara itu menurut, Dahliah Umar Potensi  Pelanggaran dalam Pemilihan dimasa Pandemi cukup beragam dimulai dari Pendataan pemilih yang tidak akurat akibat kurangnya partisipasi masyarakat/physical distancing, Pelanggaran protokol kesehatan pencegahan penularan Covid19 dalam penyelenggaraan tahapan pemilu hingga Akurasi dan validitas hasil verifikasi dokumen pencalonan yang dilakukan secara virtual.

Dahliah juga mengingatkan akan potensi pelanggaran penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan. “Protokol kesehatan yang tidak maksimal mengakibatkan pemilih terhambat menggunakan hak pilih dan takut akan keselamatan”ujarnya

kuburaya

Website Bawaslu Kabupaten Kubu Raya - Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

102 komentar pada “Bawaslu Kubu Raya bekerjasama dengan Netfid Indonesia gelar Webinar bertajuk Penguatan SDM Awasi Pemilu Kawal Demokrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *