Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kubu Raya Awasi Proses Pemeriksaan Kesehatan Bakal Pasangan Calon Pilkada 2024

Bawaslu Kubu Raya Awasi Proses Pemeriksaan Kesehatan Bakal Pasangan Calon Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Kubu Raya, Encep Endan  Awasi Proses Pemeriksaan Kesehatan Bakal Pasangan Calon Pilkada 2024, Kamis (29/8/2024)

KUBU RAYA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kubu Raya melaksanakan pengawasan melekat terhadap proses pemeriksaan kesehatan dan penyalahgunaan narkotika bagi bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 yang dilaksanakan di RSUD Dokter Soedarso, Kamis (29/8/2024)

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya Bawaslu untuk memastikan integritas dan transparansi dalam tahapan persiapan Pilkada. Pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh setiap bakal paslon sebelum ditetapkan sebagai peserta pemilihan.

"Kami melakukan pengawasan melekat untuk memastikan bahwa proses pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Ketua Bawaslu Kubu Raya Encep Endan.

Pengawasan ini mencakup seluruh rangkaian pemeriksaan, mulai dari prosedur administratif hingga pelaksanaan tes bertempat di Gedung Radiologi RSUD Dokter.Soedarso, Pontianak. 

Bawaslu berkoordinasi erat dengan instansi terkait, termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kubu Raya dan fasilitas kesehatan yang ditunjuk, guna memastikan objektivitas dan keabsahan hasil pemeriksaan.

Masyarakat Kubu Raya diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam mengawasi proses ini dengan melaporkan segala bentuk pelanggaran atau kecurangan yang mungkin terjadi kepada Bawaslu Kubu Raya.

Pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba ini merupakan salah satu tahapan krusial dalam persiapan Pilkada 2024 di Kabupaten Kubu Raya. Hasil pemeriksaan akan menjadi pertimbangan penting dalam penentuan kelayakan bakal paslon untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Kepada Daerah yang akan berlangsung pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Tag
Berita