Lompat ke isi utama

Berita

Fasilitasi penguatan kelembagaan Bawaslu Kubu Raya, khususnya bagi kelembagaan Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Kubu Raya, dengan tema "Meningkatkan Soliditas dan Harmonisasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, serta

Bawaslu Kabupaten Kubu Raya Gelar Fasilitasi penguatan kelembagaan Bawaslu Kubu Raya, khususnya bagi kelembagaan Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Kubu Raya, dengan tema "Meningkatkan Soliditas dan Harmonisasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Tahun' 2024" Kamis (20/6/2024) di Hotel Gardenia Resort and Spa Sungai Raya.

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam mengawal pelaksanaan pemilihan yang jujur, adil, dan demokratis, Bawaslu dan Panwascam memiliki peran yang sangat krusial dalam menjaga kepercayaan publik terhadap proses pemilihan serentak 2024 ini.

Tugas kita semua tidaklah ringan. Dalam setiap tahapan pemilihan ini, kita harus mampu melakukan pengawasan yang cermat dan independen, menindaklanjuti setiap pelanggaran, serta memastikan bahwa seluruh proses pemilu atau Pemilihan berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, kegiatan penguatan kelembagaan ini menjadi sebuah keharusan bagi kita semua sebagai penyelenggara Pemilihan di Kabupaten Kubu Raya. Tutur Encep Endan.

Dalam kegiatan hari ini, ada beberapa aspek penting yang perlu kita perhatikan bersama:

  1. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), Melalui pelatihan dan pendidikan yang berkelanjutan, kita dapat memastikan bahwa seluruh jajaran Bawaslu Kubu Raya memiliki kompetensi yang memadai untuk menjalankan tugas pengawasan dengan baik.

  • Pengembangan Sistem dan Teknologi Informasi, Penggunaan teknologi informasi dalam pengawasan pemilihan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja semua tingkatan jajaran. Sistem pengawasan yang berbasis teknologi juga sangat memungkinkan adanya transparansi dan akuntabilitas yang lebih tinggi.

  • Peningkatan Kerjasama dan Koordinasi, Bawaslu berserta jajaran perlu menjalin kerjasama yang erat dengan berbagai pihak terkait, termasuk KPU, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, aparat penegak hukum, media masa, dan masyarakat sipil. Koordinasi yang baik akan mendukung terciptanya lingkungan pemilu yang kondusif dan bebas dari pelanggaran dan sebagai bentuk dalam rangka pengembangan pengawasan partisipatif yang terus digagas oleh kita semua.

  • Penguatan dan pemahaman atas Regulasi dan Kebijakan, Penyusunan regulasi yang jelas dan tegas serta pemahaman dan penerapan kebijakan yang konsisten merupakan fondasi utama dalam menjaga integritas pemilihan kedepan. Bawaslu dan jajaran perlu terus berperan aktif dalam memberikan masukan untuk penyempurnaan berbagai regulasi pemilihan, maupun juga pentingnya peningkatan pemahamannya