Lompat ke isi utama

Berita

Open Data Lab Jakarta : Keterbukaan Informasi menjadi Modal untuk memberikan Manfaat Dalam Kemajuan Pembangunan Daerah

Open Data Lab Jakarta : Keterbukaan Informasi menjadi Modal untuk memberikan Manfaat Dalam Kemajuan Pembangunan Daerah
\nFoto bersama Open Data Lab Jakarta dengan Bawaslu Kabupaten Kubu Raya dalam kunjunganya ke Kantor Bawaslu Kubu Raya, Kamis(19/12/2019)\n\n\n\n

Artur Glenn Maail, Open Data Lab Jakarta menyampaikan bahwa di era serba digital sekarang permintaan data dapat lebih mudah dengan pemanfaatan teknologi, kebutuhan data di masyarakat sekarang tidak hanya berupa hardcopy namun juga softcopy, sehingga dapat lebih mudah untuk diolah. Hal tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan ke Kantor Bawaslu Kubu Raya, Kamis (19/12/2019)

\n\n\n\n

"Masyarakat tidak hanya menginginkan data berupa hardcopy, tetapi juga data berbentuk softcopy atau data mentah yang dapat diolah" ungkapnya

\n\n\n\n

Pada kesempatan tersebut, Glenn juga memperkenalkan Portal Satu Data Indonesia (data.go.id) yang merupakan portal resmi data terbuka Indonesia yang berisi data lintas kementerian, lembaga pemerintahan, pemerintahan daerah, dan semua instansi lain yang terkait yang menghasilkan data terkait Indonesia. Portal Satu Data Indonesia adalah sebuah inisiatif pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah.

\n\n\n\n

Dengan pemanfaatan Data terbuka, masyarakat suatu daerah juga dapat mengelola data yang ada dan dapat dimanfaatkan untuk berkontribusi terhadap pembangunan di suatu daerah.

\n\n\n\n

"Keterbukaan informasi dapat menjadi modal untuk memberikan manfaat dalam kemajuan daerah" tuturnya

\n\n\n\n

Diakhir kunjungan Glenn menyampaikan bahwa dirinya sangat tertarik jika di ajak berdiskusi lebih lanjut dengan Bawaslu Kubu Raya tentang pemilu, serta mengembangkan inovasi berbasis data publik yang dapat diakses.

\n\n\n\n

(HumasBawasluKKR)

\n"