Konsolidasi Nasional Pengawas Pemilu Perempuan seluruh Indonesia

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kubu Raya Agusniarti Bersama dengan Anggota dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Se-Kalimantan Barat

Jakarta – Anggota Bawaslu RI Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH dalam Sambutanya menyampaikan bahwa berhasil atau tidaknya Pemilu di negeri ini juga tidak lepas dari peran serta para perempuan. Demokrasi mengamanatkan adanya persamaan akses dan peran serta penuh bagi laki-laki maupun perempuan, atas dasar prinsip persamaan derajat, dalam semua wilayah dan tataran kehidupan publik, terutama dalam posisi-posisi pengambilan keputusan. Kepentingan Perempuan dalam Perjuangan Demokrasi tidak lagi menjadi hal yang tabu ketika persoalan perempuan mulai menjadi perbincangan sebagai salah satu problem sosial.

Ratna juga menggaris bawahi bahwa keterlibatan perempuan dalam sektor-sektor penting masih lah belum optimal. Sebagai contohnya persoalan presentasi mengenai keterlibatan perempuan sebagai penyelenggara. Keterlibatan kaum perempuan dalam lembaga penyelenggara pemilu masih minim. Meski sudah ada tindakan afirmasi terkait keterwakilan melalui Undang-Undang (UU) Nomor 15/2011 tentang Penyelenggara Pemilu, jumlah perempuan yang menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masih sangat sedikit.

Melalui momen Konsolidasi Nasional Pengawas Pemilu Perempuan seluruh Indonesia yang di adakan pada tanggal 31 Agustus s/d 1 September 2019 di Redtop Hotel & Convention Center Jakarta, yang diikuti oleh 452 Srikandi Bawaslu seluruh indonesia tersebut Ratna mengajak untuk bersama-sama mengawal dan mensukseskan terlaksananya Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020. (HumasBawasluKKR)

kuburaya

Website Bawaslu Kabupaten Kubu Raya - Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

18 komentar pada “Konsolidasi Nasional Pengawas Pemilu Perempuan seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *