Lompat ke isi utama

Berita

Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Qomaruzzman : menjadi tanggung Jawab Bersama bukan hanya Penyelenggara Pemilu saja

Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Qomaruzzman : menjadi tanggung Jawab Bersama bukan hanya Penyelenggara Pemilu saja
\nAnggota Bawaslu Kabupaten Kubu Raya, Qomaruzzaman saat menjadi Moderator dalam Webinar Pengawasan Partisipatif dalam Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan secara Daring dengan tema “Mutakhirkah Data Pemilih Berkelanjutan?”, Kamis(24/9/2020).\n\n\n\n

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kubu Raya, Qomaruzzaman mengatakan Pemutakhiran Data Pemilih di Kabupaten Kubu Raya adalah tanggung jawab bersama bukan hanya tugas KPU dan Bawaslu sebagai lembaga yang mengawasi proses tersebut, tetapi butuh keterlibatan berbagai elemen.

\n\n\n\n

"Pemutakhiran Data Pemilih adalah tanggung jawab bersama" ungkapnya saat menjadi Moderator dalam Webinar Pengawasan Partisipatif dalam Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan secara Daring dengan tema “Mutakhirkah Data Pemilih Berkelanjutan?”, Kamis(24/9/2020).

\n\n\n\n

Webinar menghadirkan Bupati Kabupaten Kubu Raya, Muda Mahendrawan, S.H sebagai Keynote Speaker serta narasumber Faisal Riza, S.T.,M.H (Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat), Misrawi (JADI KALBAR), Ir. Nurmarini,M.Si (Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kubu Raya).

\n\n\n\nBupati Kabupaten Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat menjadi Keynote Speaker dalam Webinar\n\n\n\n

Bupati Kabupaten Kubu Raya, Muda Mahendrawan sangat mengapresiasi kegiatan Webinar yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Kubu Raya dengan melibatkan berbagai pihak di Kabupaten Kubu Raya.

\n\n\n\n

"Apresiasi untuk Bawaslu Kabupaten Kubu Raya yang menyelenggarakan webinar Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan" ungkap Pak Bupati.

\n\n\n\n

Senada dengan Qomaruzzaman, Menurut Bupati yang telah menjabat selama 2 (dua) periode tersebut, pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Kubu Raya memiliki tantangan besar, mengingat daerah yang sangat luas sehingga diperlukanya upaya bersama.
"Kabupaten Kubu Raya memiliki daerah yang luas ini menjadi tantangan dalam pendataan penduduk"imbuhnya

\n\n\n\n

Perlu diketahui bersama, bahwa di tahun 2021 mendatang Kabupaten Kubu Raya akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa di 44 Desa, termasuk 5 Desa persiapan, tentu pemutakhiran data pemilih akan berpengaruh terhadap proses pemenuhan hak memilih dalam pilkades tersebut.

\n\n\n\n

Sementara itu dikesempatan yang sama, Nurmarini, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kubu Raya menyatakan bahwa masih terdapat persoalan dalam pemutakhiran data pemilih diantaranya adalah minimnya pelaporan terhadap kematian atau masyarakat yang merekam KTP. Berbagai upaya juga telah dilakukan oleh Disdukcapil dalam melakukan permasalahan data penduduk tersebut diantaranya dengan melakukan pendataa secara langsung kelapangan.

\n\n\n\n

"Dinas dukcapil melakukan pelayanan jemput bola bagi masyarakat yang sakit (tidak dapat datang langsung ke kecamatan atau dinas dukcapil)
Namun terlebih dahulu harus menghubungi petugas yang ada di Desa atau Kecamatan dan tetap memperhatikan jarak tempuh" tutur nurmarini.

\n\n\n\n

Webinar yang berlangsung selama dua setengah jam ini juga mengundang berbagai pihak diantaranya KPU Kabupaten Kubu Raya, Kesbangpol Kabupaten Kubu Raya, Diskominfo Kabupaten Kubu Raya, Partai Politik, Tokoh Agama, Kepala Desa, Organisasi Kemahasiswaan serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n

\n"