Bawaslu Kubu Raya Gelar Webinar bertajuk “Mengawal Daftar Pemilih Berkelanjutan di Kabupaten Kubu Raya”

Webinar “Mengawal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di Kabupaten Kubu Raya”

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kubu Raya menyelenggarakan webinar yang bertemakan “Mengawal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di Kabupaten Kubu Raya”, Selasa (21/7/2020).

Webinar kali ini menghadirkan Narasumber Faisal Riza (Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat), Nurmarini (Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kubu Raya), Umi Rifdiyawaty (Presidium JADI Kalbar) dan Ahmad Fauzi (Anggota KPU Kabupaten Kubu Raya).

Dalam webinar yang berlangsung selama 2 jam, dari pukul 10.30 hingga 12.30 Wib tersebut Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat, Faisal Riza menyampaikan bahwa pemutakhiran daftar pemilih sangatlah penting, karena akan dapat berpengaruh pada pelaksanaan pemilu seperti pengadaan dan distribusi logistik nantinya.

“Akurasi daftar pemilih akan mempengaruhi ketersediaan surat suara” ungkap saat pemaparan materi.

“Akurasi daftar pemilih serta ketersediaan logistik juga akan menjamin pemenuhan hak konstitusional warga untuk terlibat dalam pemilu” tambahnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa dalam pemutakhiran daftar pemilih terdapat titik rawan perubahan data pemilih diantaranya data orang yang meninggal, data perpindahan penduduk, data perubahan status sipil dan adanya data pemilih pemula.

Sementara itu, Nurmarini menyatakan bahwa pihaknya saat ini belum dapat memberikan akses pemanfaatan data kependudukan by name, by addres kepada Bawaslu guna mempermudah pengawasan pemutakhiran data pemilih, karena belum mendapat perintah langsung oleh Kementrian Dalam Negeri.
Hal ini berbeda dengan KPU yang dapat mengakses data kependudukan tersebut.

Dikesempatan yang sama Presidium JADI Kalbar, Umi Rifdiyawati mengatakan bahwa Pemutakhiran Data Pemilih bukan hanya dilakukan oleh penyelenggara pemilu saja.
“Partisipasi Pemangku Kepentingan dalam Pemutakhiram Data Pemilih sangat diperlukan, yaitu peran dari pemerintah daerah, peserta pemilu, media masa, NGO serta Masyarakat” tungkasnya

kuburaya

Website Bawaslu Kabupaten Kubu Raya - Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

7 komentar pada “Bawaslu Kubu Raya Gelar Webinar bertajuk “Mengawal Daftar Pemilih Berkelanjutan di Kabupaten Kubu Raya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *